Dosen STT NF Lulus Sertifikasi Oracle Academy dengan Nilai Baik

Jumat, 25 Desember 2015 - 06:40

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan bahasa pemrograman, Dosen STT NF mengikuti training Java Fundamental diselenggarakan oleh Oracle Academy. Acara dilaksanakan di Menara 165, Cilandak, pada 26 – 30 Januari 2015 lalu.

Training ini diikuti oleh peserta terbatas, hanya 21 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Perguruan Tingggi sekawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. Karena materi yang disampaikan sangat sulit dan membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga peserta diberikan kesempatan jeda pagi, siang dan petang.

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek atau lebih dikenal dengan OOP (Object Oriented Programming). Java Fundamental merupakan materi dasar dalam bahasa pemrograman yang banyak dipakai para pengguna.

Selain pembahasan tentang Java, pelatihan juga memaparkan dan mengajarkan materi baru, yaitu Aplikasi Alice untuk Game 3D dan Greenfoot untuk 2D. STT NF diwakili oleh dua orang Dosen Tetap, yaitu Indra Hermawan S.Kom, M.Kom dan Zaki Imaddudin S.T, M.Kom.

Tujuan pelatihan yaitu untuk meningkatkan kemampuan peserta tentang pemrograman Java. Disamping itu, juga sebagai syarat untuk mengikuti ujian dan mendapatkan sertifikasi, sehingga dengan adanya sertifikasi itu kemampuan dosen lebih diakui.

Pada hari terakhir pelatihan, seluruh peserta diberi soal 60 pilihan ganda dengan durasi 120 menit. Banyak sekali peserta yang gagal lolos, karena nilai minimal yang harus diperoleh adalah 60. Tetapi pada proses ini panitia memberikan kesempatan sampai 3 kali, sehingga peserta bisa kembali mencobanya. Akhirnya semua peserta lolos dan mendapatkan sertifikasi.

Perwakilan dari STT NF, alhamdulillah, bisa lolos dengan hanya sekali tes saja. Bahkan, Indra Hermawan mendapatkan nilai 85 dengan kategori A. Demikian pula, Zaki Imaddudin, mendapat nilai cukup baik hanya sekali tes.

"Saya bersyukur dan antusias mengikuti training ini, karena bisa lebih memahami secara spesifik mengenai Java Fundamental. Alhamdulillah, berkat perjuangan keras dapat sertifikasi dengan standar internasional," ujar Zaki.

Instruktur dari Oracle Academy, Hatma Suryotrisongko, berpesan: "Agar seluruh peserta nanti mengajarkan kembali kepada para mahasiswa di kampus masing-masing, sehingga apa yang sudah dipelajari dalam pelatihan ini akan berdampak lebih luas." (Krisna Panji)